Skip to main content

Di Rumah Aja, Begini Cara Kamu Menebar Kebaikan


Indonesia sedang dalam keadaan darurat COVID-19. Seperti yang kita tahu, semakin hari jumlah orang yang positif terinfeksi virus corona semakin bertambah.

Berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk menekan angka penyebaran virus corona pun beragam. Mulai dari kerja dari rumah, belajar dari rumah, PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) dan juga physical distancing.

Setelah diterapkannya aturan-aturan tersebut, sebagian besar masyarakat Indonesia akan menghabiskan waktunya di rumah aja. Sebagai masyarakat yang baik, tentunya kita mematuhi aturan tersebut. Karena pada dasarnya aturan itu digunakan untuk kebaikan bersama.

Namun, bukan berarti saat kamu di rumah aja, kamu tidak bisa menebar kebaikan. Kamu bisa menebar kebaikan dari rumah dengan cara berbagi. Kebaikan berbagi yang bisa kamu lakukan dari rumah yaitu :

1.       Jahit Masker atau APD (Alat Pelindung Diri)
Gambar oleh Mystic Art Design dari Pixabay
Dengan keadaan yang seperti ini, masker merupakan barang penting untuk setiap orang, sedangkan APD adalah barang yang sangat penting untuk para tenaga kesehatan.

Kedua-duanya baik masker ataupun APD sekarang sudah langka. Bahkan ada juga tenaga kesehatan yang memakai APD seadanya yaitu dengan memakai jas hujan.

Buat kamu yang bisa jahit, kamu bisa membuatkan masker dan juga APD. Tanpa keluar rumah, kamu bisa pesan bahan-bahannya dengan online dan menggunakan jasa paket untuk pengiriman bahan yang kamu pesan.

Sekalipun kamu tidak bisa memproduksi banyak, berapapun yang kamu hasilkan akan tetap bermanfaat.

2.       Bagi-Bagi Masker atau APD (Alat Pelindung Diri)
Gambar oleh Viktor Ivanchenko dari Pixabay
Dari pada dijual, masker ataupun APD yang sudah kamu produksi lebih baik dibagikan secara cuma-cuma kepada para tenaga kesehatan.

Bagi-bagi masker atau APD bisa juga kamu lakukan tanpa harus keluar rumah. Kamu bisa membagikan masker atau APD produksimu dengan mengirimkan melalui jasa paket.

Kalau kamu memang tidak bisa jahit, kamu bisa membeli masker via online kemudian kamu bisa menulis alamat penerimanya dengan alamat tujuan yang akan kamu bagi masker.

Kamu memang tidak akan mendapatkan uang sepeserpun. Tapi yakinlah, Allah akan membalas kebaikan yang sudah kamu lakukan. Kamu tidak akan rugi.

3.       Donasi Online
Gambar oleh MoiCitoyen dari Pixabay
Selain kedua pilihan diatas, kamu juga bisa menebar kebaikan dengan ikut berdonasi dan tentunya bisa kamu lakukan dari rumah. Cara ini cukup simple.

Kamu hanya butuh transfer sejumlah uang seikhlas kamu melalui smartphone untuk kamu donasikan ke rekening yang membuka donasi penanganan virus corona.

Banyak rekening yang membuka donasi untuk tanggap darurat corona seperti yang di publikasikan pada channel televisi, radio, dan juga internet.

Selain itu kamu juga bisa mendonasikan sedikit dari rezekimu untuk Indonesia siap siaga bersama lawan corona melalui Dompet Dhuafa, dengan pilihan metode pembayaran transfer bank dan juga online payment.

Ingat, berapapun jumlah yang kamu donasikan itu akan sangat bermanfaat, sekalipun tidak banyak yang penting ikhlas. Karena hal kecil yang kamu bagikan, bisa menjadi sesuatu yang sangat berarti bagi orang lain.

4.       Zakat Digital
Gambar oleh Sushant Pradhan dari Pixabay
Perkembangan teknologi yang sangat pesat, bisa memberikan kemudahan kamu untuk membayar zakat. Kamu tidak perlu repot untuk membayar zakat secara konvensional, cukup bayar zakat secara digital. Biasanya dikenal dengan istilah zakat digital.

Kamu bisa membayar zakat dengan layanan donasi digital Dompet Dhuafa. Layanan ini yang akan memudahkan kamu untuk membayar zakat.

Layanan dari Dompet Dhuafa ini sangat penting buat kamu yang akan bayar zakat meskipun di rumah aja. Cukup menggunakan layanan digital melalui smartphone dari Dompet Dhuafa, kamu sudah bisa menunaikan zakat.

Zakat yang kamu bayarkan, akan digunakan untuk membantu kaum dhuafa. Seperti dalam 5 pilar program utama Dompet Dhuafa yang memiliki tujuan besar dalam mengentaskan kemiskinan. 5 pilar tersebut yaitu pendidikan, kesehatan, ekonomi, sosial dan dakwah serta budaya.

Jadi, meskipun kamu lagi di rumah aja, kamu bisa dengan mudah membayar zakat karena Dompet Dhuafa memberikan kemudahan membayar zakat melalui layanan digital.

Itu lah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menebar kebaikan dengan berbagi kesesama meskipun kamu di rumah aja. Jangan takut untuk berbagi. Dompet Dhuafa butuh kamu untuk melengkapi kebaikan dengan menebar kebaikan. Tunggu apa lagi, Yuk tebar kebaikan ke sesama bersama Dompet Dhuafa.

"Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Menebar Kebaikan yang diselenggarakan oleh Dompet Dhuafa"

Comments

Popular posts from this blog

Cara mengembalikan tanda Close, Maximize, dan Minimize yang hilang pada Task Manager

Assalamu’alaikum, kepada para pembaca semua, apakah pernah anda mengalami tiba-tiba saja tanda Close, Maximize, dan Minimize hilang? Saya pernah mengalaminya. Mungkin karena saya salah klik, dan untuk keluar dari task manager saya menggunakan Alt + F4. Iya, saya sukses keluar, namun saya tidak sukses untuk memunculkan kembali tanda close tersebut. Bagaimanakah caranya? Sebenarnya mudah, karena belum tahu jadi terasa sulit. Caranya, anda tinggal double klik pada bagian atas task manager seperti gambar berikut, setelah itu tanda close, maximize, dan minimize akan keluar. Sekian setitik pengetahuan yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat. Thanks. Wassalamu’alaikum.

Mekanisme Proteksi dan Perangkat Lunak Keamanan Sistem Komputer

A. Mekanisme Proteksi Sistem Komputer Pada sistem komputer banyak objek yang perlu diproteksi, yaitu (Prasojo & Riyanto 2011) : 1)         Objek perangkat keras. Objek yang perlu diproteksi, antara lain: pemroses, segmen memori, terminal, disk drive, printer, dan sebagainya. 2)         Objek perangkat lunak. Objek yang perlu diproteksi, antara lain: proses, file , basis data, semaphore, dan sebagainya. B.        Perangkat Lunak Keamanan Sistem      Merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membantu menjaga keamanan suatu sistem komputer, diantaranya adalah anti virus, anti spam dan spyware, firewall dan backup resource (Prasojo & Riyanto 2011) . 1.         Anti Virus Solusi ideal terhadap ancaman virus adalah pencegahan. Jangan ijinkan virus masuk ke sistem. Sasaran ini, tidak mungkin dilaksanakan sepenuhnya. Pencegahan dapat mereduksi sejumlah serangan virus . Setelah pencegahan terhadap masuk virus , maka pendekatan berikutnya yang dapat dilakukan adalah

Pengertian Website

A.            Pengertian Web Web adalah salah satu aplikasi yang berisikan dokumen-dokumen multimedia (teks, gambar, suara, animasi, video) di dalamnya yang menggunakan protokol HTTP ( hypertext transfer protocol) dan untuk mengaksesnya menggunakan perangkat lunak yang disebut browser . Beberapa jenis browser yang populer saat ini di antaranya: Internet Explorer yang diproduksi oleh Microsoft, Mozilla Firefox, Opera, dan Safari yang diproduksi oleh Apple. Browser (perambah) adalah aplikasi yang mampu menjalankan dokumen-dokumen web dengan cara diterjemahkan. Prosesnya dilakukan oleh komponen yang terdapat di dalam aplikasi browser yang biasa disebut web engine. Semua dokumen web ditampilkan oleh browser dengan cara diterjemahkan. Situs web adalah dokumen-dokumen web yang terkumpul menjadi satu kesatuan yang memiliki Unified Resource Locator (URL) / domain dan biasanya di- publish di internet atau intranet (Arief 2011) . B.             Pengertian Situs Web Situs we