Skip to main content

Ada Sisi Positifnya. Begini Pengaruh COVID-19 Dalam Kehidupan Sehari-hari

Semua media baik di televisi, surat kabar ataupun social media setiap hari memberitakan informasi terbaru tentang perkembangan COVID-19.

Sampai hari ini pun, jumlah orang yang positif semakin bertambah. Ibarat grafik belum ada tanda-tanda grafik melandai.

Semua aturan-aturan baru telah diterapkan pemerintah demi keselamatan dan kesehatan semua warganya.

Terlebih WHO telah mengumumkan bahwa COVID-19 bukan lagi menjadi wabah, namun sudah menjadi pandemi.

Seperti yang kita semua sudah tahu, bahwa COVID-19 sudah melumpuhkan dunia perekonomian terlihat dari IHSG (indeks harga saham gabungan) anjlok.

PHK juga dilakukan oleh perusahaan-perusahaan, dan tutupnya usaha mikro masyarakat.

Panic buying yang dilakukan masyarakat juga menjadikan jumlah barang menjadi langka.

Terlepas dari pengaruh negatifnya, COVID-19 juga mempunyai pengaruh yang positif dalam kehidupan, diantaranya adalah :

1. Mengingat Allah SWT
Gambar oleh UzbekIL dari Pixabay
Adanya pandemi COVID-19, membuat kita semakin mendekatkan diri kepada Allah SWT, karena selalu memohon keselamatan dan kesehatan agar dijauhkan dari COVID-19.

Selain itu juga terdapat himbauan-himbauan dari majelis untuk sholat tahajud serentak dan membaca doa bersama-sama di rumah masing-masing.

2. Gaya hidup sehat
Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay
Untuk menghindari semakin meluasnya penularan COVID-19 maka kita diharuskan untuk rajin cuci tangan.

Selain itu, tetap menjaga kebugaran dan menghindari panik agar imun tubuh tidak menurun.

Ditambah lagi dengan menjaga asupan makanan dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi agar tubuh tetap sehat. Serta memasak masakan dengan benar.

Dari sebagian contoh diatas, secara tidak sengaja kita telah menerapkannya setiap hari dan sudah menjadi kebiasaan dengan gaya hidup sehat.

3. Polusi Udara Berkurang
Gambar oleh Gerd Altmann dari Pixabay
Setelah diterapkannya aturan di rumah aja, baik untuk kerja dan juga belajar, secara tidak sengaja kita sudah menjadikan polusi udara berkurang.

Karena jumlah kendaraan bermotor dan transportasi umum yang biasanya hilir mudik untuk bekerja, dan sekolah sekarang tidak beroperasi.

4. Pandai Mengelola Keuangan
Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay
Dirumah aja, menjadikan sebagian besar masyarakat tidak mendapatkan income.

Oleh karena itu, yang biasanya tidak pandai mengelola keuangan sekarang belajar mengelola keuangan dengan benar, untuk tetap memenuhi kebutuhan tanpa adanya income saat pandemi.

Biasanya, sebagian besar masyarakat akan menggunakan tabungan untuk tetap memenuhi kebutuhan hidup dengan adanya aturan dirumah aja.

5. Kegiatan Baru
Gambar oleh mohamed Hassan dari Pixabay
Tidak heran untuk sebagian besar masyarakat akan merasa bosan dengan diam dirumah.

Namun, dengan diam dirumah aja kita bisa memiliki kegiatan baru. Kegiatan yang belum tentu kita lakukan sehari-hari sebelum masa pandemi.

Beberapa kegiatan baru ini antara lain belajar membuat kue, nge-blog, mengikuti online class gratis, dan baca novel.

Nah, itu adalah beberapa pengaruh positif adanya pandemi untuk kehidupan sehari-hari. Tetap semangat, jaga kesehatan dan stay strong.

Comments

Popular posts from this blog

Cara mengembalikan tanda Close, Maximize, dan Minimize yang hilang pada Task Manager

Assalamu’alaikum, kepada para pembaca semua, apakah pernah anda mengalami tiba-tiba saja tanda Close, Maximize, dan Minimize hilang? Saya pernah mengalaminya. Mungkin karena saya salah klik, dan untuk keluar dari task manager saya menggunakan Alt + F4. Iya, saya sukses keluar, namun saya tidak sukses untuk memunculkan kembali tanda close tersebut. Bagaimanakah caranya? Sebenarnya mudah, karena belum tahu jadi terasa sulit. Caranya, anda tinggal double klik pada bagian atas task manager seperti gambar berikut, setelah itu tanda close, maximize, dan minimize akan keluar. Sekian setitik pengetahuan yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat. Thanks. Wassalamu’alaikum.

Mekanisme Proteksi dan Perangkat Lunak Keamanan Sistem Komputer

A. Mekanisme Proteksi Sistem Komputer Pada sistem komputer banyak objek yang perlu diproteksi, yaitu (Prasojo & Riyanto 2011) : 1)         Objek perangkat keras. Objek yang perlu diproteksi, antara lain: pemroses, segmen memori, terminal, disk drive, printer, dan sebagainya. 2)         Objek perangkat lunak. Objek yang perlu diproteksi, antara lain: proses, file , basis data, semaphore, dan sebagainya. B.        Perangkat Lunak Keamanan Sistem      Merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membantu menjaga keamanan suatu sistem komputer, diantaranya adalah anti virus, anti spam dan spyware, firewall dan backup resource (Prasojo & Riyanto 2011) . 1.         Anti Virus Solusi ideal terhadap ancaman virus adalah pencegahan. Jangan ijinkan virus masuk ke sistem. Sasaran ini, tidak mungkin dilaksanakan sepenuhnya. Pencegahan dapat mereduksi sejumlah serangan virus . Setelah pencegahan terhadap masuk virus , maka pendekatan berikutnya yang dapat dilakukan adalah

Pengertian Website

A.            Pengertian Web Web adalah salah satu aplikasi yang berisikan dokumen-dokumen multimedia (teks, gambar, suara, animasi, video) di dalamnya yang menggunakan protokol HTTP ( hypertext transfer protocol) dan untuk mengaksesnya menggunakan perangkat lunak yang disebut browser . Beberapa jenis browser yang populer saat ini di antaranya: Internet Explorer yang diproduksi oleh Microsoft, Mozilla Firefox, Opera, dan Safari yang diproduksi oleh Apple. Browser (perambah) adalah aplikasi yang mampu menjalankan dokumen-dokumen web dengan cara diterjemahkan. Prosesnya dilakukan oleh komponen yang terdapat di dalam aplikasi browser yang biasa disebut web engine. Semua dokumen web ditampilkan oleh browser dengan cara diterjemahkan. Situs web adalah dokumen-dokumen web yang terkumpul menjadi satu kesatuan yang memiliki Unified Resource Locator (URL) / domain dan biasanya di- publish di internet atau intranet (Arief 2011) . B.             Pengertian Situs Web Situs we