Skip to main content

Pengertian Sistem


Ada beberapa macam arti dari istilah system ini, baik secara etimologis maupun menurut pendapat beberapa ahli. Secara etimologis, istilah system berasal dari Bahasa Yunani, yaitu Systema yang mempunyai arti:
Ø  Suatu keseluruhan yang tersusun dari sekian banyak bagian.
Ø  Hubungan yang berlangsung diantara satuan-satuan atau komponen-komponen secara teratur.
Menurut Jogiyanto (1993: 1), system adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu.
McLeod, Jr. (2001: 11) menyatakan bahwa system adalah sekelompok elemen yang terintegrasi dengan maksud yang sama untuk mencapai suatu tujuan.
Davis (1999: 68) mengungkapkan bahwa sebuah system terdiri dari bagian-bagian yang saling berkaitan yang beroperasi bersama untuk mencapai beberapa sasaran atau maksud.
Moekijat (1991: 4) menyatakan system adalah setiap sesuatu yang terdiri dari objek-objek, atau unsur-unsur atau komponen-komponen yang bertata kaitan dan bertata hubungan satu sama lain, sedemikin rupa sehingga unsur-unsur tersebut merupakan satu kesatuan pemrosesan atau pengolahan yang tertentu.
Stepen A. Moscove dan Mark G. Simkin mendefinisikan system sebagai berikut: suatu system adalah suatu kesatuan yang terdiri dari interaksi subsistem yang berusaha untuk mencapai tujuan(goal) yang sama.
Menurut Frederick H. WU adalah suatu system beroperasi dan berinteraksi dengan lingkungannya untuk mencapai sasarn (objectives) tertentu, suatu system menunjukkan tingkah lakunya melalui interaksi diantara komponen-komponen didalam system dan diantara lingkungannya.
Menurut M.J Alexander didalam buku Information System Analysis: Theory and Applications,(Palo Alto, California: Science Research Associates, 1974, halaman 4): Suatu system adalah suatu grup dari elemen-elemen baik berbentuk fisik maupun bukan fisik yang menunjukkan suatu kumpulan saling berhubungan diantaranya dan berinteraksi bersama-sama menuju satu atau lebih tujuan, sasaran atau akhir dari system.
Menurut John F.Nash dan Martin B. Roberts: Suatu system adalah sebagai suatu kumpulan komponen yang berinteraksi membentuk suatu kesatuan dan keutuhan yang komplek didalam tingkat tertentu untuk mengejar tujuan yang umum.
Menurut Robert A. Leitch dan K.Roscoe Davis: Suatu system adalah suatu kumpulan dari elemen-elemen (orang, perangkat keras, informasi dll) diorganisasikan untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Menurut James O. Hicks, Jr dan Wayne E. Leininger: secara abstrak suatu system adalah sebagai kumpulan interaksi dari komponen-komponen yang beroperasi didalam suatu batas system. Batas system akan menyaring tipe dan tingkat arus dari input serta output diantara system dengan lingkungannya.
Menurut Henry C. Lucas, Jr: suatu system dibuat dari sejumlah komponen-komponen yang saling berhubungan dan hanya beberapa komponen saja yang dapat dilihat.
Menurut Robert J. Verzello dan John Reuter III: suatu system adalah kumpulan dari komponen-komponen yang berinteraksi untuk mencapai tujuan yang umum.
Menurut George H. Bodnar: suatu system adalah kumpulan dari elemen-elemen yang menimbulkan hubungan satu dengan yang lainnya.
Menurut Robert G.Murdick, Thomas C. Fuller dan Joel E. Ross: Suatu system dapat digambarkan secara sederhana sebagai suatu kumpulan elemen-elemen yang bergabung bersama-sama untuk suatu sasaran yang umum.
Menurut Gordon B. Davis: suatu system secara fisik adalah kumpulan dari elemen-elemen yang beroperasi bersama-sama untuk menyelesaikan suatu sasaran.
Menurut Barry E. Cushing: suatu system adalah suatu kesatuan yang terdiri dari dua atau lebih komponen atau subsistem yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan.
Menurut Robert H. Blissmer: Suatu system adalah suatu kumpulan dari bagian-bagianyang ditata, berinteraksi bersama-sama untuk melakukan suatu fungsi.
Menurut Richard F. Neuschel dalam bukunya Management by System (New York: McGraw-Hill, edisi ke:2, 1960, halaman 10): Suatu system adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan dikembangkan sesuai dengan suatu skema yang terintegrasi untuk melaksanakan suatu kegiatan utama didalam bisnis.
Menurut Jerry FitzGerald, Ardra F.FitzGerald dan Warren D. Stallings, Jr: suatu system adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu.
Dari beberapa definisi mengenai system yang diberikan dapat dikelompokkan kedalam dua kelompok:
ü  Yang pertama lebih menekankan pada elemen-elemen dalam system. Elemen-elemen atau komponen-komponen atau bagian-bagian dari suatu system dapat berupa subsistem.
ü  Yang kedua lebih menekankan pada prosedur (Richard F. Neuschel, Cecil Gillespie, Jerry FitzGerald, Ardra F.FitzGerald dan Warren D. Stallings, Jr).
Secara sederhana suatu system dapat diartikan sebagai suatu kumpulan atau himpunan dari unsur, komponen atau variable yang terorganisir, saling berinteraksi, saling tergantung satu sama lain dan terpadu. Teori system secara umum yang pertama kali diuraikan oleh Kenneth Boulding terutama menekankan pentingnya perhatian terhadap setiap bagian yang membentuk sebuah system.
Selain itu system dapat pula disimpulkan adalah elemen-elemen yang terintegrasi dan saling berhubungan untuk mencapai suatu tujuan yang diinginkan.


Comments

Popular posts from this blog

Cara mengembalikan tanda Close, Maximize, dan Minimize yang hilang pada Task Manager

Assalamu’alaikum, kepada para pembaca semua, apakah pernah anda mengalami tiba-tiba saja tanda Close, Maximize, dan Minimize hilang? Saya pernah mengalaminya. Mungkin karena saya salah klik, dan untuk keluar dari task manager saya menggunakan Alt + F4. Iya, saya sukses keluar, namun saya tidak sukses untuk memunculkan kembali tanda close tersebut. Bagaimanakah caranya? Sebenarnya mudah, karena belum tahu jadi terasa sulit. Caranya, anda tinggal double klik pada bagian atas task manager seperti gambar berikut, setelah itu tanda close, maximize, dan minimize akan keluar. Sekian setitik pengetahuan yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat. Thanks. Wassalamu’alaikum.

Mekanisme Proteksi dan Perangkat Lunak Keamanan Sistem Komputer

A. Mekanisme Proteksi Sistem Komputer Pada sistem komputer banyak objek yang perlu diproteksi, yaitu (Prasojo & Riyanto 2011) : 1)         Objek perangkat keras. Objek yang perlu diproteksi, antara lain: pemroses, segmen memori, terminal, disk drive, printer, dan sebagainya. 2)         Objek perangkat lunak. Objek yang perlu diproteksi, antara lain: proses, file , basis data, semaphore, dan sebagainya. B.        Perangkat Lunak Keamanan Sistem      Merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membantu menjaga keamanan suatu sistem komputer, diantaranya adalah anti virus, anti spam dan spyware, firewall dan backup resource (Prasojo & Riyanto 2011) . 1.         Anti Virus Solusi ideal terhadap ancaman virus adalah pencegahan. Jangan ijinkan virus masuk ke sistem. Sasaran ini, tidak mungkin dilaksanakan sepenuhnya. Pencegahan dapat mereduksi sejumlah serangan virus . Setelah pencegahan terhadap masuk virus , maka pendekatan berikutnya yang dapat dilakukan adalah

Pengertian Website

A.            Pengertian Web Web adalah salah satu aplikasi yang berisikan dokumen-dokumen multimedia (teks, gambar, suara, animasi, video) di dalamnya yang menggunakan protokol HTTP ( hypertext transfer protocol) dan untuk mengaksesnya menggunakan perangkat lunak yang disebut browser . Beberapa jenis browser yang populer saat ini di antaranya: Internet Explorer yang diproduksi oleh Microsoft, Mozilla Firefox, Opera, dan Safari yang diproduksi oleh Apple. Browser (perambah) adalah aplikasi yang mampu menjalankan dokumen-dokumen web dengan cara diterjemahkan. Prosesnya dilakukan oleh komponen yang terdapat di dalam aplikasi browser yang biasa disebut web engine. Semua dokumen web ditampilkan oleh browser dengan cara diterjemahkan. Situs web adalah dokumen-dokumen web yang terkumpul menjadi satu kesatuan yang memiliki Unified Resource Locator (URL) / domain dan biasanya di- publish di internet atau intranet (Arief 2011) . B.             Pengertian Situs Web Situs we