Skip to main content

Fungsi dan Sasaran Sistem Operasi

Berdasarkan definisi-definisi di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa sistem operasi mempunyai dua tugas utama, yaitu (Prasojo & Riyanto 2011) :
1.      Pengelola seluruh sumber daya sistem komputer (sebagai resource manager). Sumber daya sistem komputer adalah semua komponen di sistem komputer yang dapat memberi manfaat. Sumber daya ini terdiri dari dua macam, yaitu : sumber daya fisik (seluruh perangkat keras utama dana tambahan) dan abstrak (data dan program).
2.      Sistem operasi sebagai penyedia layanan (sebagai extended/virtual machine). Sistem operasi menyediakan sekumpulan layanan (disebut system calls) ke pengguna sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan atau pemanfaatan sumber daya sistem komputer. Layanan-layanan yang dimaksud antara lain (Prasojo & Riyanto 2011) :
·         Pembuatan program. Sistem operasi menyediakan beragam fasilitas dan layanan untuk membantu pemrogram menulis program, biasanya berbentuk program utilitas. Program utilitas bukan bagian dari sistem operasi, tetapi dapat diakses melalui sistem operasi.
·         Eksekusi program. Sejumlah tugas perlu dilakukan untuk mengeksekusi program. Instruksi-instruksi dan data harus dimuat ke memori utama, berbagai perangkat masukan/keluaran dan berkas harus diinisialisasi, dan berbagai sumber daya harus disiapkan. Sistem operasi harus menangani semua itu untuk pengguna/program.
·         Pengeksekusian perangkat masukan / keluaran. Pada sistem dengan banyak pengguna simultan, sistem operator menyediakan mekanisme proteksi untuk mengendalikan pengaksesan terhadap berkas.
·         Pengaksesan terkendali terhadap berkas. Pada sistem publik atau dipakai bersama (shared system), sistem operasi mengendalikan pengaksesan ke berbagai sumber daya sistem secara keseluruhan. Fungsi pengaksesan harus menyediakan proteksi terhadap sumber daya dan data dari pengguna yang tidak diotorisasi, serta harus menyelesaikan konflik-konflik dalam perebutan sumber daya.
·         Deteksi dan memberi tanggapan terhadap kesalahan. Beragam kesalahan dapat muncul di sistem komputer. Sistem operasi harus memberi tanggapan yang menjelaskan kondisi kesalahan dengan dampak terkecil bagi aplikasi-aplikasi yang sedang berjalan. Tanggapan dapat berupa pengakhiran program yang menyebabkan kesalahan, mencoba ulang, atau sekedar melaporkan kesalahan, dan sebagainya.
·         Akunting. Sistem operasi yang bagus mengumpulkan data statistik penggunaan beragam sumber daya dan memonitor parameter kinerja seperti waktu tanggap. Pada suatu sistem, informasi ini berguna dalam mengantisipasi kebutuhan di masa datang dan dalam menyesuaikan sistem untuk meningkatkan kinerja. Pada sistem banyak pengguna (multiuser system) yang disewakan, informasi ini digunakan untuk penagihan ongkos pemakaian.
            Menurut William Stalling, sistem operasi mempunyai tiga sasaran, yaitu (Prasojo & Riyanto 2011) :
1.      Kenyamanan. Sistem operasi harus membuat penggunaan komputer lebih nyaman.
2.      Efisiensi. Sistem operasi menjadikan penggunaan sumber daya sistem komputer secara efisien.
3.      Mampu berevolusi. Sistem operasi harus dibangun, sehingga memungkinkan dan memudahkan pengembangan, pengujian dan pengajuan fungsi-fungsi yang baru tanpa mengganggu layanan yang dijalankan sistem komputer.

Bibliography :
Prasojo, L.D. & Riyanto, 2011. TEKNOLOGI INFORMASI PENDIDIKAN, Yogyakarta: GAVA MEDIA.

Comments

Popular posts from this blog

Cara mengembalikan tanda Close, Maximize, dan Minimize yang hilang pada Task Manager

Assalamu’alaikum, kepada para pembaca semua, apakah pernah anda mengalami tiba-tiba saja tanda Close, Maximize, dan Minimize hilang? Saya pernah mengalaminya. Mungkin karena saya salah klik, dan untuk keluar dari task manager saya menggunakan Alt + F4. Iya, saya sukses keluar, namun saya tidak sukses untuk memunculkan kembali tanda close tersebut. Bagaimanakah caranya? Sebenarnya mudah, karena belum tahu jadi terasa sulit. Caranya, anda tinggal double klik pada bagian atas task manager seperti gambar berikut, setelah itu tanda close, maximize, dan minimize akan keluar. Sekian setitik pengetahuan yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat. Thanks. Wassalamu’alaikum.

Mekanisme Proteksi dan Perangkat Lunak Keamanan Sistem Komputer

A. Mekanisme Proteksi Sistem Komputer Pada sistem komputer banyak objek yang perlu diproteksi, yaitu (Prasojo & Riyanto 2011) : 1)         Objek perangkat keras. Objek yang perlu diproteksi, antara lain: pemroses, segmen memori, terminal, disk drive, printer, dan sebagainya. 2)         Objek perangkat lunak. Objek yang perlu diproteksi, antara lain: proses, file , basis data, semaphore, dan sebagainya. B.        Perangkat Lunak Keamanan Sistem      Merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membantu menjaga keamanan suatu sistem komputer, diantaranya adalah anti virus, anti spam dan spyware, firewall dan backup resource (Prasojo & Riyanto 2011) . 1.         Anti Virus Solusi ideal terhadap ancaman virus adalah pencegahan. Jangan ijinkan virus masuk ke sistem. Sasaran ini, tidak mungkin dilaksanakan sepenuhnya. Pencegahan dapat mereduksi sejumlah serangan virus . Setelah pencegahan terhadap masuk virus , maka pendekatan berikutnya yang dapat dilakukan adalah

Pengertian Website

A.            Pengertian Web Web adalah salah satu aplikasi yang berisikan dokumen-dokumen multimedia (teks, gambar, suara, animasi, video) di dalamnya yang menggunakan protokol HTTP ( hypertext transfer protocol) dan untuk mengaksesnya menggunakan perangkat lunak yang disebut browser . Beberapa jenis browser yang populer saat ini di antaranya: Internet Explorer yang diproduksi oleh Microsoft, Mozilla Firefox, Opera, dan Safari yang diproduksi oleh Apple. Browser (perambah) adalah aplikasi yang mampu menjalankan dokumen-dokumen web dengan cara diterjemahkan. Prosesnya dilakukan oleh komponen yang terdapat di dalam aplikasi browser yang biasa disebut web engine. Semua dokumen web ditampilkan oleh browser dengan cara diterjemahkan. Situs web adalah dokumen-dokumen web yang terkumpul menjadi satu kesatuan yang memiliki Unified Resource Locator (URL) / domain dan biasanya di- publish di internet atau intranet (Arief 2011) . B.             Pengertian Situs Web Situs we